Apasih yang Dimaksud OS / Operating System

Apa itu operating sistem atau OS, Android, Mac Os, linux, dan perkembngannya

Bisa jadi sebagian dari kamu terdapat yang bingung apa itu OS. Postingan kali ini aku hendak ngejelasin apa sih OS yang sepanjang ini kita tahu.

Sistem pembedahan ataupun yang kerap diucap dengan operating system ataupun disingkat OS, merupakan seperangkat program yang menolak sumber energi fitur keras ataupun hardware serta nyediain Layanan Universal buat aplikasi aplikasi.

Sistem pembedahan itu merupakan tipe yang sangat berarti dari aplikasi system pada sistem pc. Jadi tanpa terdapatnya OS, maksudnya fitur pc tidak bakalan dapat dipakai. Bukan hanya di pc saja namun pula fitur lain yang sejenis seperti laptop, Hp serta tablet.

Tanpa terdapatnya OS kita tidak dapat jalanin aplikasi seperti aplikasi bekerja serta edit gambar video serta pula pastinya permainan. OS yang terkenal itu terdapat macem- macem contohnya merupakan OS Windows, sistem pembedahan yang sangat banyak dipakai sebab aplikasi yang terkenal serta udah sering di dengar di golongan pemakai. OS yang satu ini walaupun terkenal sesungguhnya tetep aja terdapat kelebihan serta kekurangan.

Pada Windows salah satu kelebihannya merupakan mudah digunain sedangkan biayanya yang mahal merupakan kekurangan dari sistem pembedahan sejuta umat ini. Windows pula mempunyai antarmuka ataupun user interface yang lebih sederhana sehingga lebih gampang dimengerti serta dipelajari sama pengguna pendatang baru.

Terdapat pula OS Linux, Mac OS, serta pula OS lain yang pula gak kalah menarik serta memiliki kelebihan tiap- tiap. Linux merupakan sistem pembedahan yang memakai kernel Linux selaku corenya serta pula bonus aplikasi dan materi pendukung lain biar seluruh komponennya langsung dapat berperan sehabis instalasi tanpa butuh install. Sistem pembedahan ini bertabiat open source yang maksudnya dapat leluasa digunain serta dibesarkan oleh seluruh pihak secara free.

Linux kerap banget dipakai buat menguji sistem aplikasi jaringan pc serta dapat pula buat analisis forensik. Tetapi sebab kelebihan ini banyak oknum- oknum ke bertanggung jawab yang bukannya pake Linux suatu pengujian tetapi malah buat peretasan ataupun hacking. Walau sebenarnya hampir semua OS bisa digunakan untuk keperluan hacking sih.

Nah untuk linux, pasti kalian juga pernah dengar yang namanya Distro. Yap, pada perkembangannya distro linux saat ini sangat banyak dan dengan kelebihannya masing masing dan pastinya akan selalu berkembang dan bertambah kedepanya.

Tidak hanya Linux, terdapat pula Mac OS. Mac OS merupakan sistem pembedahan yang dibesarkan oleh Apple. Pada awal mulanya sistem pembedahan ini terbuat buat pc Macintosh pada tahun 1964 serta awal kali diperkenalkan ke publik pada tahun 2001. Mac OS ini enggak bertabiat open source. Buat gunakan OS ini, user wajib beli lisensi serta tidak dapat dikembangin secara leluasa.

Tetapi Mac OS kompetibel dengan operating system yang lain. Jadi kamu dapat langsung buka file dalam format tertentu kaya PDF, doc, txt, serta ekstensi ekstensi file yang lain. Tidak hanya itu Mac OS pula memiliki sistem keamanan yang bagus dibandingkan OS lain sehingga lebih nyaman buat nanganin serangan- serangan dari virus, Spyware, serta Malware malware nyebelin yang lain.

Dan Operating system lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu pada artikel kali ini meliputi OS yang dikembangkan untuk perangkat mobile, sampai OS yang berbasis kernel linux lainnya.

Jadi sederhananya OS itu dapat dibilang ibarat wadah buat aplikasi di mana sih aplikasi itu dapat jalur sebagaimana mestinya. Saat ini kamu udah pada lebih ketahui tentang OS. Jadi gimana? OS apa yang kamu gunakan?

About the Author

jack of all technologies, master of none.

Posting Komentar

Bijaklah dalam bermedia sosial. Jejak digital itu kejam.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.