mencari judul lagu lewat suara | aplikasi shazam

SHAZAM, aplikasi untuk kamu yang bingung mencari judul lagu yang terngiang dikepala

Apa sih aplikasi shazam itu?

Shazam adalah aplikasi yang dimiliki oleh Apple Inc. Aplikasi ini dapat mengidentifikasi musik, film, iklan, dan acara televisi, berdasarkan sampel pendek yang diputar dan menggunakan mikrofon pada perangkat. Aplikasi tersedia untuk Android, macOS, iOS, watchOS, dan Windows.  Pengembang asli aplikasi, Shazam Entertainment Limited didirikan pada tahun 1999 oleh Chris Barton, Philip Inghelbrecht, Avery Wang, dan Dhiraj Mukherjee. Pada 24 September 2018, perusahaan tersebut diakuisisi oleh Apple dengan harga $ 400 juta.

Konsep aplikasi dan cara kerja

Shazam mengidentifikasi lagu berdasarkan ciri khas audio berdasarkan grafik frekuensi waktu yang disebut spektogram. Ia menggunakan smartphone atau mikrofon internal komputer untuk mengumpulkan sampel audio singkat yang sedang diputar. Shazam menyimpan katalog ciri khas audio dalam database. Pengguna menandai lagu selama 10 detik dan aplikasi membuat ciri khas audio.

Shazam bekerja dengan menganalisis suara yang ditangkap dan mencari kecocokan berdasarkan ciri khas akustik dalam database jutaan lagu. Jika menemukan kecocokan, ia mengirimkan informasi seperti artis, judul lagu, dan album kembali ke pengguna. Beberapa implementasi Shazam menggabungkan tautan yang relevan ke layanan seperti iTunes, Apple Music, Spotify, YouTube, atau Groove Music.

Cara pakai cuma tinggal kamu pencet logo yg besar ditengah itu sambil ngedeketin sama suara dari musik yang kamu putar.

Download

About the Author

jack of all technologies, master of none.

Posting Komentar

Bijaklah dalam bermedia sosial. Jejak digital itu kejam.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.