Cara Hapus Komentar di Blogger yang Terlanjur Dipublikasi dan Tidak Bisa Dihapus

Delete komentar di blogger, menghapus komentar di blogger yang tidak bisa, paksa hapus komentar blog

Normalnya ketika kamu mengomentari suatu postingan di blogger, komentar tersebut hanya dapat dikelola oleh pemilik blog tersebut melalui halaman pengelola komentar pada dashboard blogger.

Namun ada juga blog yang menerapkan setelan agar siapapun yang berkomentar dengan akun google dapat menghapus komentar yang telah dia kirim sebelumnya di postingan blog milk orang lain.

Nah disini masalahnya ada juga blog yang tidak mengizinkan kamu untuk menarik atau menghapus komentar yang sudah kamu kirim ke sebuah postingan. Misalnya pada blog ini. Jika sudah mengirim komentar, ya sudah, tidak bisa dihapus.

Hanya saya sebagai admin blog saja yang mempunyai kewenangan untuk menyembunyikan sampai menghapus komentar kalian. Jadi jika kalian komentar yang mengandung hal kasar atau kotor tentunya jejak digital anda masih ada. Maka dari itu ingat, sesuai caption pada komentar blog ini yaitu:

Bijaklah dalam bermedia sosial. Jejak digital itu kejam.


Dan disini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menghapus komentar kalian yang sudah terlanjur dipublikasi pada blog yang tidak mengizinkan kalian untuk menghapusnya.

1. Cari id Komentar

Pertama pastikan kalian berkomentar menggunakan akun google, jika tidak, ya tidak bisa dihapus. Kemudian kalian inspect element atau masuk ke view-source: pada postingan yang telah kalian komentari. Dilanjutkan kalian cari dan copy deretan angka yang merupakan id komentar kalian.

2. Cari id Blog

Yang ke2 kalian cari id blog yang kalian komentari dengan mencari deretan angka disamping kata 'blogId' yang terletak paling bawah di halaman view-source:

3. Hapus Komentar

Misal pada postingan ini, saya menggunakan akun google lain (Ana Squidward) berkomentar "Gw ganteng banget" dan "Valid gw ganteng". Nah yang akan saya hapus adalah "Gw ganteng banget".

Cara menghapusnya, kalian hanya perlu membuat url delete komentar dengan format seperti berikut:

https://www.blogger.com/delete-comment.g?blogID=idblog&postID=idkomentar

Dimana idblog kalian isi dengan deretan angka id blog yang tadi, dan idkomentar kalian isi dengan deretan angka yang merupakan id komentar. Sehingga yang saya dapatkan menjadi seperti ini.

https://www.blogger.com/delete-comment.g?blogID=8031847662978870309&postID=199864085954519594

Selanjutnya kalian akan dibawa menuju halaman penghapusan seperti ini. Terkadang kalian mempunyai 2 pilihan untuk menghapus permanen ataupun tidak. Jika kalian tidak mencentang opsi hapus permanen, maka komentar yang kalian hapus hanya memunculkan pesan "Komentar ini telah dihapus oleh pengarang." Sementara jika kalian mencentang opsi Hapus selamanya?, maka komentar kamu telah hilang dari blog tersebut alias sama sekali tidak ada jejak.

Namun pada blog ini, pilihan opsi tersebut hanya ada 1 yaitu hapus dengan masih memunculkan pesan "Komentar ini telah dihapus oleh pengarang." Sehingga saat saya menekan tombol Hapus Komentar maka komentar tersebut masih memiliki jejak.

Selanjutnya hanya tinggal pencet tombol Hapus Komentar

Oke, sekian tutorial Cara Hapus Komentar di Blogger yang Terlanjur Dipublikasi dan Tidak Bisa Dihapus. Semoga bermanfaat.

About the Author

jack of all technologies, master of none.

3 komentar

  1. Ana Squidward
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  2. Valid gw ganteng
  3. Ribet namun bermanfaat
Bijaklah dalam bermedia sosial. Jejak digital itu kejam.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.