Cara Mengetahui Performa, Kualitas, SEO Website dan Blog dengan Mudah

Cek SEO performa kualitas website dan blogger, GTmetrix, Pagespeed Insight, web.dev/measure, cara cek dan meningkatkan kualitas dan performa website

Dizaman sekarang, siapa sih yang ga mau websitenya memiliki tampilan yang menarik sekaligus wuz wuz apalagi performa dan kualitasnya bukan kaleng kaleng?

Terus, apakah kamu pernah mengecek kualitas dan performa website kamu?

Jadi, disini saya ada rekomendasi website untuk mengecek seberapa performa, kualitas, dan SEO dari website kamu. Selengkapnya scroll kebawah.

1. web.dev Measure page quality

Beralamatkan pada url https://web.dev/measure/

web.dev mengukur kualitas keseluruhan halaman web di lingkungan lab menggunakan Lighthouse. Memberikan penjelasan tentang beberapa kategori kualitas dari Lighthouse, termasuk Performa, Aksesibilitas, dan SEO. 

Berbeda dengan PageSpeed Insights (PSI) yang berfokus pada kinerja, menggunakan data lab (Lighthouse) dan lapangan (Chrome UX Report) untuk memberikan ringkasan kinerja. Selanjutnya, PSI memberikan wawasan tingkat asal di lapangan, sedangkan web.dev/measure dimaksudkan untuk menyelami satu URL di lab.

Gunakan PSI saat kamu ingin mengukur dan mengoptimalkan Data Web Inti kamu, dan gunakan web.dev/measure saat mengoptimalkan kumpulan sinyal kualitas yang lebih luas tentang sebuah halaman.

Penguji halaman kamu di lingkungan lab yang didukung oleh PageSpeed Insights. Kemudian dapatkan tips dan rekomendasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna kamu.

2. PageSpeed Insights

Beralamatkan pada url https://pagespeed.web.dev

PageSpeed Insights (PSI) adalah tool penguji yang melaporkan kinerja halaman di perangkat seluler dan desktop, dan memberikan saran tentang cara meningkatkan halaman tersebut.

PSI menyediakan data lab dan lapangan tentang sebuah halaman. Data lab berguna untuk men-debug masalah kinerja, karena dikumpulkan di lingkungan yang terkendali.

Namun, itu mungkin tidak menangkap kemacetan dunia nyata. Data lapangan berguna untuk menangkap pengalaman pengguna dunia nyata yang sebenarnya - tetapi memiliki rangkaian metrik yang lebih terbatas. 

Untuk menampilkan data pengalaman pengguna untuk halaman tertentu, harus ada data yang cukup untuk disertakan dalam kumpulan data CrUX. Sebuah halaman mungkin tidak memiliki data yang memadai jika baru saja dipublikasikan atau memiliki terlalu sedikit sampel dari pengguna sebenarnya. Ketika ini terjadi, PSI akan kembali ke perincian tingkat asal, yang mencakup semua pengalaman pengguna di semua halaman situs web.

Terkadang asal mungkin juga memiliki data yang tidak mencukupi, dalam hal ini PSI tidak dapat menampilkan data pengalaman pengguna yang sebenarnya.

3. GTmetrix

Beralamatkan pada url https://gtmetrix.com

Website yang menyambutmu dengan pertanyaan "How fast does your website load?". Nampaknya tidak salah lagi jika kamu mengunjungi web tersebut untuk mengukur kinerja situs kamu, mengapa lambat, dan untuk menemukan peluang pengoptimalan.

Baik kamu menggunakan desktop atau seluler, perangkat keras kelas bawah atau kelas atas, atau di belahan dunia lain.

Pengalaman pengunjung dengan web harus cepat. Itulah mengapa GTmetrix mendedikasikan diri untuk membantu pengguna dari semua tingkat keahlian untuk memberikan pengalaman web yang cepat dan lancar.

Sejak 2009 awalnya hanya membuat alat pengujian sederhana untuk membantu pelanggan untuk menilai masalah kinerja situs web apakah itu masalah server atau itu masalah front-end?

Dengan tanggapan yang luar biasa dari pelanggan, alat ini dibuat ulang untuk menghadirkan kinerja web kepada masyarakat umum dan GTmetrix lahir.


Tentunya rekomendasi web diatas tidak serta merta membuat website kamu otomatis menjadi website nomor 1. Namun merupakan salah satu langkah untuk menjadikan performa website menjadi lebih baik. Selain itu, kualitas konten maupun artikel juga merupakan pertimbangan yang menentukan kualitas dari website kamu.

Sekian cara simpel untuk Mengetahui Performa, Kualitas, SEO Website dan Blog dengan Mudah. Semoga bermanfaat.

About the Author

jack of all technologies, master of none.

Posting Komentar

Bijaklah dalam bermedia sosial. Jejak digital itu kejam.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.