Internet of Things / IOT dan Contohnya

iot adalah dan contohnya, pengertian iot dan contohnya, contoh iot dan cara kerjanya
Internet of Things / IOT dan Contohnya

Iot, atau internet of things, adalah konsep baru yang dengan cepat mendapatkan popularitas. Awalnya dikembangkan untuk tujuan sistem rumah pintar, iot adalah sistem untuk menghubungkan objek fisik ke jaringan. 

Sistem IoT dianggap sebagai hal besar berikutnya dalam teknologi dan akan merevolusi otomatisasi rumah, sistem otomotif, dan banyak lagi industri lainnya. Pada tahun 2020, akan ada miliaran perangkat yang terhubung di seluruh dunia. 

Iot memiliki banyak potensi kegunaan di luar teknologi. 

Misalnya, iot dapat membantu perawatan kesehatan karena dapat bertindak sebagai platform data untuk catatan medis dan pengumpulan data. 

Selain itu, iot dapat membantu pendidikan dengan memungkinkan sekolah dan universitas mengelola informasi sekolah dan jaringan kelas. 

Selanjutnya, iot dapat membantu keamanan dengan mengaktifkan berbagai sistem peringatan untuk berbagai situasi. Kami masih di tengah-tengah menemukan semua kemungkinan yang dimiliki oleh masyarakat.

Beberapa orang menyebut iot sebagai internet hal-hal dengan analogi internet informasi. 

Internet of things mengacu pada perangkat yang berinteraksi satu sama lain tanpa campur tangan manusia. 

Perangkat ini termasuk mobil, peralatan rumah tangga, mainan, dan lainnya. Penggunaan paling jelas untuk iot adalah di rumah pintar di mana pengguna dapat mengontrol berbagai pengaturan rumah melalui aplikasi atau pengontrol jarak jauh. 

Iot juga memungkinkan orang untuk berkomunikasi antara platform yang berbeda seperti iOS dan Android atau browser web dan akun media sosial. 

Pada dasarnya, kami telah menyesuaikan kehidupan sehari-hari kami untuk menggunakan teknologi baru ini- tetapi mereka secara mendasar mengubah cara hidup kami. 

Ada banyak jenis perangkat iot yang berbeda dan penting untuk memahami jenisnya. 

Misalnya, internet of things adalah istilah umum untuk perangkat yang terhubung yang dapat mengumpulkan informasi secara elektronik dan mentransfernya antara individu dan sistem secara otomatis. 

Beberapa contoh perangkat iot jenis ini termasuk perangkat yang dapat dikenakan (seperti jam tangan pintar), sensor (seperti gerakan atau suhu), aktuator (seperti motor), headset realitas virtual, dan banyak lagi. 

Ini hanya beberapa contoh; kemungkinannya benar-benar tidak terbatas dalam hal menciptakan teknologi baru! 

Iot memiliki banyak keunggulan dibandingkan solusi teknologi sebelumnya di banyak industri. 

Misalnya, otomatisasi konvensional membutuhkan pemrograman yang membosankan yang harus diperbarui secara berkala. 

Selain itu, sulit untuk menghubungkan sistem otomasi yang berbeda secara bersamaan karena protokol berbeda yang digunakan oleh produsen yang berbeda. 

Iot memungkinkan perangkat dari berbagai produsen untuk terhubung bersama tanpa kesulitan berkat stKalianr komunikasi mesin ke mesin seperti JSON atau Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API). 

Saat kami mulai mengeksplorasi kemungkinan tak terbatas yang dimiliki masyarakat, kami baru saja mulai memahami potensi sebenarnya. 

Sistem ini sudah terintegrasi ke dalam kehidupan kita sehari-hari dengan cara yang tak terhitung jumlahnya bahkan tanpa disadari, tetapi masih banyak yang harus dilalui sebelum mencapai potensi penuhnya. 

Saat ini kita berada di tengah-tengah revolusi teknologi yang dengan cepat mengintegrasikan teknologi baru ke dalam kehidupan kita sehari-hari. Akan tetapi, revolusi itu juga belum mencapai setiap aspek budaya kita.

About the Author

jack of all technologies, master of none.

Posting Komentar

Bijaklah dalam bermedia sosial. Jejak digital itu kejam.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.